1.03.2011

Mengatasi Virus New Heur.Level(9)

Pernahkah di komputer anda terlihat ada virus seperti pada gambar ?! (Klik pada gambar untuk memperbesar tampilan gambar). Semoga saja anda tidak pernah mengalaminya. Karena jika anda mengalami hal seperti ini, anda akan dibuat pusing olehnya. Karena apa ?! Karena virus ini tergolong virus yang gemar main "petak umpet" (Tidak bisa di hapus oleh antivirus apapun). Virus ini berisi 2 files (autorun.inf & ***.pif atau) dan ada disetiap driver. Virus ini juga mengunci semua aktifasi windows seperti regedit, gpedit, task manager bahkan sampai safe mode. Inilah virus yang disebut dengan New Heur Level (9). Wah... jika bermain games, level 9 itu sudah termasuk tingkatan sulit kali ya. He... he... he...


Aku pernah baca dari beberapa forum/blog, cara satu-satunya adalah memformat seluruh driver pada harddisk yang kena virus tersebut. Tapi bagaimana jika harddisk yang kena virus tersebut banyak menympan file penting ?! Misalkan MP3, Software, Wallpaper, Movies dsb...


Iya kalo kita "GOLOK" (GOLongan Orang Kaya) yang bisa beli harddisk lagi atau harddisk external, kalo kita yang hidup senin-kamis ?! Lagian jika kita copy seluruh file/data yang ada di harddisk yang kena virus tersebut ke dalam harddisk lain atau harddisk external itu sama saja dengan kita menyebarkan virus itu karena begitu komputer membaca 1 USB baru masuk ke komputer (dalam hal ini bisa harddisk. harddisk external atau flashdisk) maka virus itu juga langsung masuk ke dalamnya. (Sudah kubuktikan sendiri)


Akhirnya, aku menemukan jalan keluarnya dan ternyata caranya cukup simple dan tidak disangka-sangka. Okelah kalo begitu... bagi yang terkena virus ini bisa mengikuti langkah-langkah berikut :


Pencegahan :

* Proteksi komputer kamu dengan antivirus, kalo bisa minimal buat 2 antivirus. 1 antivirus lokal (dianjurkan smadav) dan satu antivirus luar yang bandal (doctor spyware, norton, avira, avast, zona alarm, dll...). Secara pribadi aku memakai antivirus SMADAV (lokal) dan AVAST (luar).
* Dianjurkan supaya membundel file-file software (berekstensi .exe) kedalam winrar, karena file .exe rentan disusupi virus jika tidak di rar.
* Rajin-rajin menscan komputer
* Buang file yang sudah tidak dibutuhkan lagi atau file yang sudah terkena virus walau sepenting apapun itu. Tak ada kompromi untuk virus...
* Sebisa mungkin meminimalisirkan pemakaian flashdisk, harddisk eksternal, memory card, dll ke komputer luar (terutama rental atau warnet). Sebab hal tersebut menjadi faktor terbesar yang membuat komputer kita terinfeksi virus.

Infeksi ringan :

* Silahkan buka dengan program "Notepad" virus yang bernama autorun.inf (disetiap driver) karena inilah yang menjadi "Keong Racun" virus tersebut. Biasanya, jika komputer baru terkena virus tersebut maka file autorun.inf akan bisa dibuka dari windows normal tapi jika sudah lama terkena maka untuk membuka file autorun.inf tersebut harus masuk melalui save mode.
* Jika komputer tidak bisa dijalankan melalui save mode, sebaiknya scan terlebih dahulu komputer dengan memakai smadav, lalu pada antivirus tersebut klik Tools - Win-Force dan klik ke 4 kotak tersebut. Hal inilah yang akan membuka kembali (unblock) aktifasi windows yang di block oleh virus tersebut. (perhatikan gambar : win-force yang ada di tools smadav)

* Setelah dibuka dan kelihatan isinya (berupa tulisan yang untuk memanggil virus satunya lagi yang berekstensi .pif atau .exe) lalu hapus semua tulisan tersebut, ganti dengan tulisan apa saja yang kamu suka atau dikosongkan juga boleh. Setelah itu copy file autorun.inf yang isinya sudah diganti tadi kesemua driver di komputer, hal ini untuk mencegah virus itu muncul kembali apabila computer telah dibersihkan dari virus tersebut atau di install ulang. (Perhatikan gambar : Isi autorun.inf)

* Setelah itu "Save" autorun.inf tersebut. Ingat... di 'save' bukan di 'save as'.
* Lalu hapus virus satunya yang bernama ***.pif atau .exe tersebut
* Restart komputer

Infeksi berat :

* Instal ulang komputer yang terkena virus (tidak perlu memformat semua drive).
* Setelah selesai menginstall windows, utamakan install antivirus smadav dan antivirus luar (dalam hal ini aku memakai avast). Hal ini berguna untuk menghapus virus yang masih nempel di driver lainnya.
* Jika tidak bisa menginstall antivirus luar tersebut (karena cepatnya virus tersebut menyebar), masuk ke safe mode lalu buka file autorun.inf yang ada di drive C:\, hapus dan ganti isinya (atau kosongkan) dan hapus virus lain yang ada di drive C;\ tersebut. Bisa berupa .pif atau .exe (seperti langkah pada infeksi ringan).
* Restart komputer lalu install antivirus luar (avast) tersebut. Jika cara melakukannya sudah benar, antivirus ini pasti sudah bisa di install.
* Setelah berhasil menginstall antivirus luar ini, lalu scan seluruh file, directory yang ada di komputer.
* Semua file yang sudah terjangkit virus wajib untuk dihapus karena jika tidak dihapus maka komputer akan terjangkit kembali apabila antivirus (khususnya antivirus luar) sudah tidak aktif lagi.

Dengan melakukan hal-hal di atas Insya Allah virus new heur level(9) tidak akan ada lagi di komputer kita. Semoga tips ini bisa membantu. Jika ada kesulitan menjalankan langkah-langkah tersebut dan membutuhkan bantuan langsung dari kami, silahkan kirim e-mail ke : crew@smansem.co.cc. Insya Allah kami siap membantu.

copy paste dari www.smansem.co.cc

No comments:

Powered By Blogger